Sekering atau fuse adalah komponen
penyelamat bila terjadi hubungan arus pendek alias korslet antara kabel positif
dan negatif. Makanya kelistrikan semua motor wajib pasang supaya aman.
Sekering pun ada ukuran ampere-nya.
Untuk motor biasanya pakai 10A (ampere) dan sering dipasang tepat dekat
aki. Jika pasang ukuran di atasnya, saat korslet, khawatir sekring tidak mampu
memutus arus berlebihan. Akibatnya kabel malah jadi gampang hangus.
Hingga kini, beberapa tipe motor
memiliki model sekering berbeda. Untuk motor keluaran lawas atau di bawah tahun
2000-an, biasanya masih mengaplikasikan sekering model tabung.
"Bentuknya memang seperti tabung
yang bagian kedua sisi luarnya terdapat penutup dari pelat juga terhubung kawat
kecil sebagai penghubung arus. Kawat ini juga sebagai indikator bila terjadinya
korslet. Juga sebagai tanda akan putus."
Kabarnya sekering model tabung punya
banyak kelemahan. Timah di dalam gampang putus atau meleleh akibat soket
kendur, dan bisa juga lepas akibat getaran mesin atau kelebihan aliran listrik.
Makanya untuk meminimalisasi
kelemahan yang ada itu, beberapa pabrikan motor dapat solusi dengan mengganti
sekering model tabung menjadi kotak. Sekering ini mirip punya mobil, hanya saja
ukurannya lebih kecil. Sekering model kotak perawatannya
lebih gampang, awet dan bila putus tinggal cabut lalu colok yang baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar